Sabtu, 28 Maret 2015

Trend Busana Muslim Modern 2018



Model Busana Muslim Terbaru di tahun 2018



Memasuki tahun 2018 ini perkembangan fashion di Indonesia masih belum ada perubahan yang signifikan, artinya masih mengacu trend di tahun sebelumnya, Indonesia yang 90 % penduduknya adalah muslim masih mengacu pada fashion busana dan baju muslim.

Perkembangan Gamis Syari mengalami naik turun tergantung dari perkembangan politik, ekonomi sosial dan budaya masyarakatnya, sejak era tahun 1990 an ketika kebijakan pemerintah tidak terlalu ketat dalam aturan berpakaian banyak masyarakat yang mengenakan identitas sebagai muslim terutama di kantor maupun di sekolah-sekolah.

Trend ini muncul ketika salah satu menteri wanita yang merupakan anak orang nomor satu di Indonesia mulai tampil dengan mengenakan kerudung, walaupun hanya selendang yang ditaruh di kepala, namun efeknya mulai terasa di masyarakat dimana booming memakai pakaian yang syar’i mulai melanda masyarakat negeri ini.

Kebijakan pemerintah memegang kendali terhadap perkembangan fashion, dampaknya pada tahun 2000an sempat ada pelarangan mengenakan jilbab di sekolah-sekolah membuat gejolak di kalangan umat Islam sehingga mengganggu stabilitas nasional imbasnya pelan tapi pasti sekolah-sekolah mulai memberikan kebebasan kepada siswa siswinya untuk berkerudung.

Pada awal tahun 2014 Jenderal Kapolri Sutarman sempat mempersilahkan kepada Polwan yang muslimah boleh mengenakan kerudung saat bertugas, kebijakan ini di sambut dengan gembira oleh kaum muslimah. 

Baca juga : http://hijabsyarimurah.com


Walaupun pada kenyataanya sampai sekarang seiring dengan pergantian Kapolri yang baru kebijakan tersebut lambat laun menghilang dan belum sempat di laksanakan, namun setidaknya ada setitik harapan bagi umat muslim bahwa ke depannya kebijakan pemerintah akan mendukung pemakaian baju muslim terutama di lingkungan pemerintah dan perusahaan di Indonesia.


Kemajuan Busana Modern di Indonesia era 2000an



Memang naif karena Indonesia yang 90 % penduduknya beragama Islam tapi masalah mengenakan dan identitas yang menunjukkan ke islamannya justru mengalami perkembangan yang pasang surut, dengan berbagai alasan mengenai keseragaman, mengganggu aktifitas dan sebagainya.
Mulai tahun 2013 perkembangan Gamis Syari Murah Terbaru dan baju muslim terbaru mengalami kemajuan yang pesat dengan mulai lunaknya kebijakan pemerintah mengenai pemakaian atribut muslim di lingkungan kantor pemerintah, sehingga booming pakaian dan atribut muslim terutama menjelang lebaran dan haji.

Banyak perusahaan dan butik yang kebanjiran order dan mulai muncul berbagai kreasi busana dan pakaian muslim, mulai dari maraknya pemakaian gamis syar’i murah , kerudung hoodie two side dan sebagainya.

Designer – designer ternama mulai merancang berbagai model baju muslim terbaru  dengan memasukkan unsur dan motif kedaerahan yang di sulap sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi semakin variatif dan trendi namun tetap syar’i.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Model Busana Muslim Wanita di Jaman Modern

Industri Busana Muslim saat ini sudah terus menggeliat seiring maraknya berkembangnya industri baju dan pakaian muslim di Indonesia, ...